Minggu, 02 Agustus 2015

Creative Writing by AS Laksana


         Sebagai seorang penulis blog amatir yang hanya menulis review buku dan terkadang curhat isu terkini, saya terkadang bingung apa yang harus ditulis di kala tidak ada buku yang menarik diulas atau isu yang menarik dibahas. Ingin menulis cerpen tapi tidak tahu apa yang harus ditulis dan bagaimana merangkai cerita.

Untunglah ada buku Creative Writing dari AS Laksana. Pak Laksana yang juga pendiri dan pengajar di Sekolah Menulis Jakarta School ini adalah seorang penulis kawakan yang sudah menelurkan puluhan karya cerpen dan novel di ranah sastra Indonesia. Beberapa penulis novel atau skenario film merujuk Laksana sebagai pengajar yang efektif dan mumpuni. Sekolah menulisnya yang terletak di Jakarta jelas tidak mampu menjangkau semua orang yang ingin belajar. Untuk itulah ia memilih menerbitkan Creative Writing ini.

Ada 24 langkah yang termaktub dalam 208 halaman yang bisa dipelajari untuk menulis cerita fiksi. Ke-24 langkah tersebut disusun dengan sangat simpel tapi efektif. Dimulai dari mengakrabkan otak dengan tangan, berlatih menulis di mana saja, belajar menulis cerita dengan 3 kata saja, menyusun plot dan dialog, mengkonstruksi cerita, memakai metafora, hingga rajin membaca dan membuka kamus. Ke-24 langkah tersebut sebaiknya dipraktekkan berurutan untuk memaksimalkan proses belajar calon penulis.
Creative Writing tidak hanya bermanfaat bagi penulis dan pelajar. Pengulas seperti saya pun diuntungkan oleh buku ini. Saya jadi paham bagaimana menghargai, membandingkan, dan mengulas suatu cerita. Pasca membaca dan mempraktekkan sejumlah langkah dalam Creative Writing, saya dapat melihat buku-buku yang pernah saya baca dari sudut pandang berbeda. Ada cerita yang dingin dan menusuk ala John Grisham, emosional dan melompat-lompat alan Chick Lit, atau cerita berdialog cepat gaya Rick Riordan.
Walau tebalnya 208 halaman, buku ini amat sangat cepat dibaca. Tidak sampai 3 jam sudah tamat. Yang lama adalah mempraktekkan ke-24 langkah di dalamnya. Selama 2 bulan saya meminjam buku ini belum tuntas dipraktekkan kesemua langkah tersebut. Oleh karena itu, Creative Writing sangat direkomendasikan untuk dimiliki dalam versi cetak, karena enak dibaca berulang kali dan sangat bagus dipraktekkan berulang-ulang. 5 dari 5 bintang untuk Creative Writing.


0 komentar: