Sabtu, 08 Agustus 2015

Kamu Indonesia Banget Kalau... by Berit Renser

Sudah banyak ditemui blog yang menulis “keanehan” Indonesia di mata orang Barat. Buku yang cukup dikenal salah satunya dari Richard Miles berjudul Bule Juga Manusia. Di tahun 2013, Transmedia menerbitkan buku sejenis berjudul Kamu Indonesia Banget Kalau... yang ditulis Berit Renser. Tema kedua buku ini sama : membahas perbedaan budaya Indonesia dari kacamata mereka. Keduanya dikemas dengan gaya penulisan komedi. Bedanya, Miles memperhalus sarkasme dan paradoks yang ditemuinya. Renser lebih terang-terangan, tanpa basa-basi.
Dari bagian awal (kata pengantar), Renser sudah menyajikan kepiawaiannya menulis sarkasme dalam bumbu komedi.  Semakin kita masuk ke halaman-halamannya, kita semakin terhenyak dan terhibur. Renser menulis banyak hal yang benar tentang Indonesia, mulai dari kebiasaan kita buang sampah sembarangan, kecintaan kita akan birokrasi, ketiadaan privasi di Indonesia, kecerdasan kita mengarang cerita (mengibul), betapa kita memuja penampilan, praktik klenik yang menjamur, dan lain-lain. Semuanya disampaikan dengan lugas dengan bumbu humor.

Diperlukan pikiran terbuka dan kemampuan menertawakan diri sendiri saat membaca buku ini. Seorang PNS atau guru jelas tidak menyukai dan menganggap Renser hanya melihat sisi negatif Indonesia, walau Renser berulang kali menekankan betapa enaknya seorang kaukasid tinggal di Indonesia. Buku ini cukup banyak menyindir birokrasi Indonesia, jadi pembaca sebaiknya mencoba melihat perbedaan Indonesia dengan Estonia, negeri asal Renser.
Estonia, sebagai bagian dari Euro Zone, terbiasa akan birokrasi digital yang mudah dan cepat, menghargai privasi, cinta kebersihan dan kesunyian, berpikiran terbuka tapi tetap skeptis, dan berbicara langsung ke pokok permasalahan. Tentu saja mereka kaget saat tiba di Indonesia, di mana budaya dan kebiasaan masyarakatnya bertolak belakang dengan Estonia.

Buku setebal 213 halaman ini cukup layak dikoleksi sebagai penghibur di kala suntuk atau bosan, dengan catatan kita mampu menerima sindiran di dalamnya dan menertawakan diri sendiri. 3.5 dari 5 bintang untuk buku ini. 

0 komentar: