Selasa, 01 Maret 2011

10 Ways to Stay Healthy

    Kesehatan adalah anugerah tak terkira dari Tuhan. Kita sering menerimanya,dan kadang lupa menjaganya sehingga jatuh sakit. Saat sakit inilah kita baru sadar bahwa kesehatan mahal harganya. Menurut Majalah Natural Health, ada 10 rahasia orang yang jarang sakit. Mereka : 
1. Lebih sedikit mengalami stres
     Saat stres daya tahan tubuh kita menurun, jantung berdetak tidak teratur, dan kemungkinan bakteri seperti bakteri tuberkolosis berkembang di tubuh kita lebih besar. Stres memang bagian dari kehidupan harian manusia dan sulit dihindari. Untuk menetralisir stres sebaiknya kita banyak tertawa, makan buah dan sayur secara teratur dan berjalan kaki selama 20 menit setiap hari. Kegiatan-kegiatan tersebut mampu membuat tubuh melepaskan endorfin yang membuat pikiran tenang.
2. Menaburkan ragi ke makanan
     Taburkan satu sendok makan ragi ke atas sereal, atau campurkan ke dalam sop, atau masukkan saat kita memasak cookies. Ragi mengandung vitamin B-complex yang mampu melancarkan metabolisme tubuh, penting bagi kesehatan syaraf,kulit,rambut, dan produksi hormon serta memperkuat daya tahan tubuh.
3. Makan lebih sedikit
    Kurangi karbohidrat 25% dari porsi biasa, maka kadar kolesterol total, lemak jahat, tekanan darah akan berkurang. Mengurangi karbohidrat juga membuat kita hidup lebih lama karena risiko terkena diabetes, serangan jantung, dan Alzheimer berkurang.
4. Tidak takut bakteri
    Bakteri dan tubuh kita punya hubungan sismbiosis dimana bakteri membuat tubuh tetap seimbang dan sehat. Bakteri "baik" meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat metabolisme dan menyembuhkan radang. Jadi, jangan takut kotor. Dan ingat untuk selalu mencuci makanan dan tangan dengan bersih sebelum makan :D.
5. Minum minuman herbal
    Minuman herbal sederhana seperti teh hijau yang mengandung polifenol berpotensi membakar lemak, melindungi hati, mengontrol tekanan gula darah dan menurunkan kadar lemak jahat. Minumlah segelas teh hijau tanpa gula setiap hari.
6. Menjadikan teman prioritas utama
    Riset menunjukkan orang-orang yang punya hubungan pertemanan kuat juga mempunyai kekebalan tubuh kuat dan jarang terkena infeksi. Hubungan sosial yang positif juga melindungi otak dari kelainan kognitif dan degeneratif. Segera hubungi teman-teman anda dan berbincanglah dengan setidaknya 2 orang yang jarang dihubungi per hari. Pastikan anda bersikap sabar, positif dan mau mendengarkan.
7. Menjaga pH tubuh seimbang
    Tubuh berada dalam kondisi paling sehat bila sistem tubuh bekerja pada pH seimbang. Daging dan karbohidrat membuat pH tubuh turun, yang lazim disebut gejala acidosis. Acidosis berakibat kelelahan, irama nafas meningkat (terengah-engah), perasaan bingung dan perut bermasalah. Makanlah banyak sayuran seperti bayam,asparagus, wortel dan ketimun untuk menyeimbangkan pH tubuh.
8. Memakan bawang putih
    Bawang putih adalah antioksidan dan antibiotik kuat yang mampu menurunkan risiko terkena flu, efisien mengurangi tekanan darah, kolesterol dan lemak. Untuk mendapatkan manfaat pengobatannya, makanlah bawang putih mentah-mentah.
9. Melakukan detox teratur
    Pergilah ke sauna, ambil kelas Yoga Bikram yang dilakukan di ruang hangat, cleansing homeopathy dan mandi mineral merupakan sekian cara untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Ingat untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan detox
10.Tidur siang teratur
     Kekurangan tidur menyebabkan tubuh mudah lelah dan meningkatkan produksi kortisol. Kortisol membuat tubuh kuat tapi membatasi kemampuan penyembuhan diri. Cobalah minum secangkir kopi sebelum tidur. Kafein butuh waktu 20 menit untuk masuk ke pencernaan dan beredar di dalam tubuh. Kita bisa tertidur lelap dan ketika bangun tubuh lebih segar.

0 komentar: