Minggu, 06 Maret 2011

Family Health

    Keluarga adalah kehidupan kita. Kita semua berada dalam lingkungan keluarga. Penting bagi kita menjaga kesehatan sesama anggota keluarga. Berikut ini saya sampaikan beberapa hasil penelitian tentang kesehatan keluarga yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, peneliti-peneliti dari USA dan Norwegia yang dimuat di majalah Reader's Digest Canada edisi Maret 2011.
01. Ibu yang tidak menyusui selama sebulan rawan terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan ibu yang menyusui.

02. Remaja perempuan dua kali lebih mungkin berpikiran untuk bunuh diri bila berjerawat, dan remaja pria 3 kali lebih mungkin. Beberapa obat jerawat dicurigai menyebabkan depresi dan pikiran ingin bunuh diri. Namun peneliti berpendapat bahwa perilaku tersebut adalah akibat stres berjerawat.
03. Meminum 3-4 gelas teh selama hamil tidak meningkatkan risiko kelahiran dini. Tetapi membatasi konsumsi kafein selama hamil sangat dianjurkan.
04. Penelitian pada anak-anak berusia 1-4 tahun mengungkapkan bahwa keluarga yang memelihara anjing sebelum anak berumur 1 tahun berkurang risikonya terkena eksim saat si anak menginjak usia 4 tahun. Tapi anak-anak yang alergi kucing berisiko tinggi terkena eksim bila keluarganya memelihara kucing.
05. Sebelum berumur 5 tahun anak-anak butuh waktu tidur yang cukup setiap hari agar tidak terkena obesitas di kemudian hari. Tidur siang juga wajib. Berkonsultasilah dengan dokter anak tentang waktu tidur optimal anak anda.

0 komentar: