Minggu, 06 Maret 2011

TV Streaming

    Apakah Tv Streaming? Secara kasar dapat diartikan bahwa tv streaming berarti kita menonton televisi yang siarannya ditransmisikan melalui saluran internet. Berbeda dengan siaran tv terestrial dimana siarannya dipancarkan dengan gelombang radio VHF/UHF atau siaran tv digital yang menggunakan kode binary untuk memancarkan siarannya. Untuk menikmati siaran tv streaming kita harus berlangganan paket internet dari provider. Lebih baik menggunakan paket broadband atau time-based karena siaran tv streaming memakan banyak data.

    Saya menggunakan layanan internet dari kartu smart regular dan matrix. Dengan kecepatan rata-rata 20kbps sudah sangat cukup untuk menikmati siaran tv internet. Televisi lokal seperti ochannel atau metrotv biasanya hanya memakan bandwidth 7-12kbps. Tv internasional lebih besar lagi, 18-25 kbps. Sebagai perbandingan, satu jam menonton siaran ochannel hanya menghabiskan data 65Mb, sedangkan ESPN bisa mencapai 100MB. Kalau menggunakan software streaming khusus seperti SopCast bisa menelan data 150 MB/jam
    Kekurangan menggunakan kartu SIM 3G adalah setiap 10 menit saya harus merefresh halaman streaming karena gambarnya mulai putus-putus. Bila di kota anda terdapat layanan broadband seperti biznet atau speedy lebih baik anda menggunakannya, karena transmisi internet mereka lebih cepat. Kartu yang tidak dianjurkan untuk streaming televisi adalah telkomsel (simpati dan as)dan im3 karena tarif internet mereka sangat mahal, dan 3 karena sinyalnya tidak stabil (kecuali anda berada di ibukota).   
    Untuk menikmati siaran tv streaming dari internet kita dapat membuka link-link tertentu yang menyediakan saluran tv internet atau mendownload program khusus yang berisi daftar link siaran tv streaming. Untuk situs streaming internet biasanya saya membuka veetle.com, www.directon.tv, www.mix-tv-sport.com, www.ochanneltv.com/streaming, atau link-link yang bisa ditemukan lewat google. Software tv streaming yang saya gunakan adalah sopcast. Untuk menikmati siaran tv internet biasanya tidak perlu log-in atau membayar, tetapi beberapa situs seperti bwin.com mengharuskan kita untuk membayar biaya minimum dan log-in.
   Kelebihan siaran tv internet antara lain : bisa memilih siaran yang diinginkan selama  linknya tersedia, tidak harus berlangganan tv kabel, tanpa parabola atau dekoder (modem HSDPA standar seharga IDR 300000 sudah cukup), sambil menonton tv bisa browsing berita, biasanya iklannya sedikit (hanya ada di awal dan akhir program). Kekurangannya : sangat tergantung pada sinyal jaringan internet, buffer software terkadang lama, resolusinya kecil (maksimal 854 x 480 pixel), perlu direfresh tiap beberapa menit, terlalu banyak link bisa membingungkan, dan volume suaranya kecil.
   Kalau untuk menonton siaran tv berita nasional atau harian televisi terestrial sepertinya sudah mencukupi. Saya anjurkan untuk menggunakan tv streaming hanya untuk menonton acara tv tertentu yang hanya disediakan tv kabel atau tidak disiarkan tv seperti Discovery Channel, siaran olahraga, atau MTV.

0 komentar: