Rabu, 02 Maret 2011

Manfaat Biji Bunga Matahari

    Saya sangat suka memakan kuaci bunga matahari. Rasanya yang gurih membuat ketagiahan. Biji bunga matahari memang tidak seenak dan mengenyangkan seperti keripik kentang atau ubi rebus, tapi praktis dan mudah dibawa. 
    Biji bunga matahari merupakan sumber yang nutrisi sangat baik seperti vitamin E, dan sumber vitamin B1, B5, B6, dan mineral termasuk magnesium, folat, tembaga, triptofan, dan selenium. Mereka juga merupakan sumber protein yang baik. Sejumlah biji bunga matahari membuat makan ringan cepat, mudah dan bergizi yang mengontrol rasa lapar. Biji bunga matahari juga serba guna. Biji bunga matahari mentah bisa dimakan sebagai tambahan salad, dibuat taoge, ditambahkan ke smoothies, dipanggang di roti, yang digunakan dalam dressing dan bahkan dimakan sebagai topping cokelat.

    Biji bunga matahari telah menjadi pengganti populer dan sehat untuk rokok, tembakau tanpa asap dan bahkan permen karet. Sulit ditentukan kapankah kita makan terlalu banyak biji bunga matahari. Jumlah vitamin B6 yang disarankan bagi perempuan dan laki-laki yang berusia lebih dari 50 adalah 1,3 mg. Untuk perempuan di bawah usia 50 tahun, dosisnya adalah 1,5mg (1.9mg jika hamil atau menyusui) dan laki-laki di bawah 50 itu adalah 1,7 mg. Satu ons biji bunga matahari kering panggang telah 0.23 mg. Hal ini menjelaskan betapa sulitnya akan mendapatkan B6 terlalu banyak dengan makan biji bunga matahari. Tapi bisa kita makan terlalu banyak biji bunga matahari? Ya.
    Untuk overdosis pada B6 dengan makan biji bunga matahari kita harus makan lebih dari 2.000 mg B6 dalam sehari. Jika Anda melakukannya dapat merusak sistem saraf Anda. Gejala mencakup hal-hal seperti:
    * Kesemutan di kaki dan leher
    * Kurangnya koordinasi otot
    * Keseimbangan terganggu
Bahkan menelan B6 dalam jumlah di atas 200 mg dapat menyebabkan gejala seperti yang disebutkan di atas. Ingat, konsumsi harian kurang dari 2 mg tidak peduli siapa Anda.
    Sementara nutrisi yang ditemukan dalam biji bunga matahari dapat meningkatkan kesehatan gigi, jika Anda makan dalam jumlah besar biji bunga matahari masih dalam cangkangnya dan meretakkannya dengan gigi dapat menyebabkan kerusakan gigi. Kelemahan lain untuk makan dalam jumlah besar biji bunga matahari adalah kandungan kalorinya tinggi. Jika tidak hati-hati, makan segenggam sepanjang hari dapat menyebabkan tambahan berat badan yang tidak diinginkan. Jika  menyadari bahwa satu cangkir biji bunga matahari dapat menambah 800 kalori untuk diet dapat dilihat mengapa berat badan naik adalah konsekuensi kelebihan makan biji bunga matahari.
    Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa jika  tetap dalam batas,  kalori dari biji bunga matahari dapat menyeimbangkan rasio nutrisi. Misalnya anda mengikuti diet kalori 1500 dan makan secangkir biji bunga matahari sepanjang hari maka lebih dari setengah kalori dan nutrisi berasal dari biji bunga matahari. Cukup makan sayur dan buah untuk asupan kalori yang tersisa.
    Seiring dengan keuntungan yang  telah disebutkan, triptofan yang ditemukan dalam biji bunga matahari juga  memiliki efek menenangkan pada otak karena triptofan meningkatkan produksi serotonin otak yang membantu untuk bersantai Anda. Satu keuntungan terakhir layak disebutkan adalah  biji ini merupakan camilan berguna. Karena biji bunga matahari yang kecil dan ringan, mereka mudah untuk dibawa dalam tas untuk snack  yang sehat dan memberi energi ketika dibutuhkan.Makan biji bunga matahari adalah cara sehat untuk mendapatkan semua nutrisi. Jika ingin memakannya sebagai snack sehat, hindari biji yang telah diproses dengan cara yang tidak sehat seperti:
    * digoreng dengan banyak minyak
    * diproses dengan bahan kimia
    * berselubung garam

0 komentar: