Senin, 07 Maret 2011

Bella Beauty Magazine Indonesia (Bella)

    Saya jarang melihat toko buku di Yogyakarta menjual majalah ini. Makanya saya tertarik memilikinya ketika Togamas mengobral majalah ini seharga IDR 8000 dari harga normalnya IDR 45000. Menurut informasi di bagian Publisher's Note majalah ini diterbitkan oleh Creme Publishing dan dicetak oleh Gramedia Printing.
    Dilihat sepintas Bella terlihat layaknya majalah untuk wanita biasa. Keistimewaannya ada pada ukuran kertasnya (A4) dan jenis kertas glossy 80gram yang digunakannya. Setelah membacanya saya berpendapat bahwa Bella lebih mirip katalog produk kecantikan, mirip seperti majalah MakeUp4All. Di luar iklan yang herannya cuma sedikit, komposisi artikel Bella adalah 80% beauty product, 5% wawancara dengan orang-orang yang bergerak di bidang kesehatan atau kecantikan, 10% tips kesehatan yang berhubungan dengan kecantikan, dan 5% fashion. 

   Ciri khas Bella mungkin format majalahnya yang mirip katalog ini. Namun hal ini malah membuat majalah Bella tidak berkarakter, tidak ada ciri khas yang membedakannya dengan majalah lain. Tidak ada segemen khusus wanita yang dibidik untuk menjadi konsumennya.
    Berbeda dengan Elle yang kadang berfokus pada sisi kemanusiaan dan permasalahan seputar wanita, Marie Claire yang mengedepankan Woman Power, InStyle yang membahas kecantikan dan mode dari berbagai sisi, CitaCinta dan Chic yang menyediakan beragam informasi dan petunjuk praktis tentang kehidupan sehari-hari bagi wanita dewasa usia 20an, Kawanku dan Gadis yang menyasar segmen remaja atau MakeUp4All yang berfokus pada beauty and beautyBlog.
    Dengan membaca Bella kita akan disuguhi berbagai gambar produk kecantikan dilengkapi dengan harganya. Such an Eye Candy! Tetapi tidak ada manfaat spesifik yang bisa didapat. Saran-saran kesehatannya kurang mutakhir dibandingkan Elle, layout masih kalah dibanding InStyle, bahkan wawancaranya lebih dangkal dibanding Spice!
    Kesimpulan saya : belilah majalah ini satu kali dalam 6 bulan saja dimana kita akan membeli produk skincare atau kosmetik baru. Bella bisa diabaikan bila kita sudah berlangganan Elle, InStyle atau Vogue yang menyediakan informasi beauty product lebih lengkap dan tips kecantikan dari makeUp artist ternama.

0 komentar: