Jumat, 11 Juli 2014

7 Kebiasaan Orang yang Nyebelin Banget by Henry Manampiring

Teman-teman tahu buku terkenal dari Stephen R. Covey berjudul 7 Habits of Highly Effective People? Nah, buku 7Kebiasaan Orang yang Nyebelin Banget ini terinspirasi dari buku legendaris tersebut.
7Kebiasaan punya tujuan yang berbeda dari 7Habits. Kalau 7Habit bertujuan membuat hidup orang menjadi seproduktif dan seefektif mungkin, maka 7Kebiasaan mengajak kita agar tidak menjadi orang yang menyebalkan , yang sadar atau tidak sadar mengganggu orang lain di berbagai kondisi.
Di buku ini, pengarang memaparkan 7 kebiasaan yang paling menyebalkan di tiap lokasi dan kondisi, diikuti oleh kebiasaan “kecil” lain yang tidak terlalu banyak dikeluhkan responden tapi dirasa tetap mengganggu.

Untuk melengkapi the seven annoying habit, pengarang buku ini membagi penelitiannya di tujuh lokasi/kondisi di mana orang paling mungkin menjadi menyebalkan, yaitu di kantor, di sekolah atau kampus, di jalan raya atau di angkutan umum, di mall/bioskop/tempat umum lainnya, di kondangan.lebaranan/acara keluarga lainnya, saat kencan/pacaran, dan di sosial media.
Buku ini disusun layaknya skripsi atau tugas akhir anak kuliahan. Pengaran membuat survey dan meminta pengikut-pengikutnya (followers di twitter @newsplatter) berpartisipasi. Peserta survey ini sangat banyak, mencapai angka ratusan orang. Walau mungkin tidak memenuhi kaidah statistik sebaran normal karena hanya orang-orang tertentu saja yang bisa ikut, tapi dari 7Kebiasaan kita bisa mendapat gambaran tentang hal-hal menyebalkan yang dilakukan manusia sehari-hari.
Seperti halnya buku @newsplatter sebelumnya, Cinta (Tak) Harus Mati, 7Kebiasaan sarat dengan lelucon dan humor. Kita bisa tertawa sampai puas membaca komentar pengarang tentang salah satu perilaku menyebalkan menusia atau komentar-komentar pembaca tentang kebiasaan menyebalkan yang mereka alami.
Sebagai sebuah buku humor, 7Kebiasaan sangat layak dikoleksi. Mungkin buku ini tidak sekocak Kambing Jantan atau sesinis Skripshitt, namun humor-humor yang ada termasuk humor cerdas. Kita bisa langsung tertawa saat membacanya, lalu mengakui bahwa apa yang ditulis itu benar adanya.

7Kebiasaan bisa diperoleh di berbagai toko buku dengan harga 60 ribuan saja. Buku ini termasuk best seller karena orang-orang yang berpartisipasi di dalam survey ikut membeli (termasuk saya). Kadang buku ini ada di list komputer tapi tidak ada di rak. Jangan ragu-ragu untuk menanyakan pada petugas tentang ketersediaan buku ini. Selamat Tertawa

0 komentar: