Jumat, 11 Juli 2014

Sherlock Holmes vs Kapten Kidd : Misteri Kapal House Boat by John Kendrick Bangs

Temans, adakah yang suka mendengar lagu mash-up? Lagu mash-up adalah lagu yang terdiri dari campuran lagu-lagu lainnya. Jenis lagu semacam ini sering kita dapati saat menonton acara-acara tv bertema musikal, seperti Glee, Smash, atau Nashville. Kadang lagu mash-up ini diaransemen ulang agar lebih padu dibanding lagu-lagu aslinya.
Ternyata, tidak hanya lagu saja yang bisa di mash-up. Tokoh dalam berbagai cerita juga bisa dicampur. Salah satunya cerita Sherlock Holmes versus Kapten Kidd dalam fiksi imajinasi karya John Kendrick Bangs.
Dalam cerita ini kita bisa menemui bermacam-macam tokoh cerita terkenal saat mereka berkumpul di akhirat. Misalnya Sherlock, Konfusius, Nabi Nuh, Dr. Livingston, Hamlet, Sir Walter Rayleigh, Socrates dan banyak lagi. Mereka bersatu padu mencari dan menyelamatkan kapal House Boat yang dicuri Kapten Kidd.

Kenapa mereka begitu gigih menyelamatkan kapal itu? Karena di dalamnya terangkut pula istri-istri dan kekasih mereka, seperti Ophelia, Cleopatra, Xanthippe, Madame Recamier, Lucretia Borgia, dan lain-lain.
Petualangan Sherlock mencari dan mengejar House Boat mirip acara kejar-kejaran dalam kisah Arsene Lupin atau Tom Clancy. Sherlock mencari dan membuntuti dari belakang, sementara Kidd disibukkan oleh nyonya-nyonya bawel.
Keunggulan cerita ini adalah penuturannya yang runut dan mudah dipahami. Alurnya cepat, membuat cerita terasa mengalir dan bisa diselesaikan dengan cepat. Kelemahannya, dialog terkadang tidak fokus, melantur kem masa hidup tiap-tiap tokoh. Misal pertengkaran Cleopatra dengan istri Nabi Nuh, atau Wellington versus Napoleon Bonaparte. Tapi dari dialog-dialog itulah pembaca jadi tertarik mencari tahu kisah hidup tiap tokoh dan bagaimana akhir hayat mereka.

Buku ini bisa didapat hanya dengan 50 ribu saja. Tapi saya tidak merekomendasikan buku ini untuk dimiliki karena tidak ada nilai moral yang bisa ditarik dan sedikit sekali humor yang ditawarkan. Saya sarankan meminjam di perpustakaan terdekat saja. 

0 komentar: