Kamis, 08 Januari 2015

2014’s Music Album

 Seusai mereview dan merekomendasian sejumlah serial televisi yang layak dikoleksi dan ditonton di 2014, kali ini saya akan merekomendasikan sejumlah album yang sangat sering saya dengar berulang kali di tahun 2014.
Di puncak koleksi pastilah 2 album terlaris 2014 yang sudah terjual ratusan juta kopi, OST Frozen dan 1989 dari Taylor Swift. Bukan hanya karena sedang “in” saja keduanya berulang kali saya mainkan, tapi juga karena keunggulan musik, aransemen lagu dan keterpaduan lirik dengan musik yang tepat. 
Walau mencakup 59 lagu yang terbagi dalam 2 keping CD, OST Frozen enak didengar karena keragaman instrumentasi dan tema feminisme yang diangkat. 1989 dari Taylor Swift membuat pendengarnya ketagihan karena berdekatan temanya dengan keseharian remaja dan dewasa. Seluruh lagu di 1989 berkisah tentang patah hati dan diceritakan dalam lirik yang kocak.

Selanjutnya adalah The Blessed Unrest dari Sara Bareilles. Walau terbit agak lama, di tahun 2013, tapi di tahun 2014 saya baru sadar kalau lagu-lagu di dalamnya enak didengar dan karaoke-able. Di peringkat keempat adalah Save Rock and Roll dari Fall Out Boys. Berbeda dengan The Blessed Unrest yang jazzy, lembut dan ear-catching, Save Rock & Roll lebih menghentak dan membangkitkan semangat. Sesuai sebagai lagu teman olah raga atau jogging. Jika didengarkan di pagi hari, bisa memacu konsentrasi dan meningkatkan adrenalin.
Kemudian ada album No Sound Without Silence dari The Script. Melodi dan kepaduan liriknya biasa saja, tapi lirik-liriknya begitu menginspirasi dan membangkitkan semangat saat sedang suntuk. Jadi album ini cukup layak didengarkan berulang kali.

Perlu diperhatikan bahwa saya lebih sering mendengarkan radio dibanding memutar musik. Dalam seminggu maksimal hanya mendengarkan mp3 player selama 10 jam, yaitu saat di perjalanan, olahraga atau membaca buku di perpustakaan kampus. Jadi, lagu-lagu dalam album yang disebutkan di atas bukanlah lagu yang paling sering didengar. Kategori most listened songs at spare time tetaplah Let it Go dari Idina Menzel, Out of The Woods dari Taylor Swift dan The Phoenix dari Fall Out Boys.

0 komentar: