Kamis, 01 Oktober 2015

Keliling Sumatera Luar Dalam by Muhammad Iqbal

Buku tentang jalan-jalan, baik panduan ataupun tulisan pengalaman pelakunya, masih laris sampai hari ini. Sejak seri Naked Traveler meledak di pasaran dan dibuatkan acaranya (tanpa melibatkan penulis serialnya), penerbit berlomba-lomba merilis buku jalan-jalan. Salah satunya penerbit Grasindo yang mengangkat Keliling Sumatera Luar Dalam oleh Muhammad Iqbal.

Buku ini bisa dibilang panduan dan laporan pandangan seorang backpacker dalam menyusuri Pulau Sumatera. Gaya penulisannya mendekati Trinity dalam Naked Traveler, cuma kekurangan unsur humor. Karena penulisnya adalah jurnalis, ia cenderung melaporkan perjalanannya sebagaimana adanya tanpa tambahan disana-sini.
Buku ini juga menekankan aspek humanisme dan interaksi antar manusia di Sumatera dan pulau-pulau sekitarnya. Jika ingin melihat bagaimana pembangunan belum menyentuh manusia di pulau-pulau terluar di Indonesia Barat, bacalah buku ini. Di sana, makanan, ikan, dan buah-buahan melimpah, tapi tak ada listrik. Solar dan bensin bersubsidi harganya dua kali lipat di Jawa. Penduduknya ramah, mau menemani orang asing yang menginap di rumah mereka. Mereka belum punya rasa tanggung jawab memelihara lingkungan seperti halnya saudara-saudara mereka di Jawa.

Kekuatan utama buku ini adalah penggambaran yang apa adanya, tanpa ditambah opini bermacam-macam. Pembaca bisa langsung membayangkan kondisi suatu tempat saat penulis menggambarkannya. Buku ini juga panduan bagus bagi backpacker yang ingin berkelana keliling Sumatera. Hanya dengan 5 juta rupiah, penulis bisa menjelajah Sumatera dalam 3 bulan. Menarik bukan? 3 dari 5 bintang. 

0 komentar: