Sabtu, 01 Januari 2011

Radio Streaming

    Sebagai pelajar yang menghabiskan waktu nyaris 6 tahun di Yogyakarta aku merasa sangat kehilangan hal-hal besar dan kecil yang biasa kutemui sehari-hari selama di Jogja. Biasanya setiap pagi jajan gudeg atau bubur ayam atau nasi kuning, di rumah makan nasi. Bukan rasa makanannya yang ngangenin, tapi perjuangan mendapatkan seporsi nasi atau bubur yang berkesan. Lalu kebiasaan meminjam komik dan dvd. Jujur saja di Magelang tidak ada persewaan komik dan film yang selengkap di Yogya. Tidak heran aku masih sering bolak-balik ke Jogja cuma untuk meminjam film dan komik.

    Siaran radio dari stasiun radio lokal Jogja juga meninggalkan kesan tersendiri. Swaragama yang penyiarnya kreatif dan kocak, lalu Geronimo yang lagu-lagu mancanegaranya selalu update adalah 2 stasiun radio yang paling sering kudengarkan setiap hari selama di Jogja. Jadi aku sangat kehilangan ketika tidak bisa lagi mendengarkan kedua radio itu. Walaupun aku bisa saja mendownload lagu dari internet atau membeli cd musik, tetap saja sensasinya beda ketika mendengar lagu terbaru atau favorit kita diputar di stasiun radio.
    Untunglah google menyediakan link-link untuk mendengarkan streaming radio dari stasiun radio di seluruh dunia. Salah satunya adalah www.jogjastreamers.com yang menyediakan streaming 22 stasiun radio di DIY dan Jawa Tengah. Stasiun yang paling sering kudengarkan tentu saja swaragama dan geronimo. Kadang-kadang kalau ingin mendengarkan tips-tips seputar wanita aku pindah channel ke Rakosa. Loading time jogjastreamers relatif cepat karena hanya dua situs yang beriklan disini, yaitu citra.net dan gudeg.net.
    Mendengarkan streaming radio dari jogjastreamers amat sangat mudah sekali (ngiklan mode : on) lo. Cukup klik tulisan mono atau stereo di samping logo stasiun radio yang dipilih. Sebetulnya nyaris tidak ada bedanya mendengarkan yang mono atau stereo. Kualitas suaranya nyaris sama kalau kita mendengarkan dengan volume kecil atau sedang. Perbedaannya baru terasa ketika volumenya dibesarkan. Suara stereo lebih jernih. Mono rata-rata menyedot data 3-4kbps, sedang stereo 5-7 kbps.

0 komentar: