Kamis, 03 Oktober 2013

Phillips dan Pembuat Jus

         
        Jus merupakan minuman sehat. Setuju? Sejak booming gaya hidup sehat kurang lebih 8 tahun yang lalu, penjual jus bak menjamur, baik berwujud kaki lima atau warung. Tiap 100 meter pasti bisa ditemui penjual jus buah. Bahkan warung dan restoran sekarang menyediakan campuran jus buah dan sayuran yang diberi nama aneh bin lucu.
          Kalau diperhatikan, hampir semua penjual jus yang ramai dan sudah berjualan lebih dari 3 tahun punya satu kesamaan, yaitu merk blendernya (di Jateng dan Jatim, jus dibuat dengan blender, bukan juicer). Pasti bermerk Phillips. Dan herannya mesin dan wadah blendernya tidak pernah ganti selama mereka berdagang. Sebegitu awetnyakah blender Phillips?
          Mungkin sudah saatnya Phillips mengendorse pembuat jus seperti halnya Indomie dan Mie Sedapp mensponsori warung burjo. Penjual-penjual jus ini begitu setia dengan blender Phillips. Kalau menambah mesin blender atau membuka cabang baru, pasti blendernya Phillips juga. Di cabang baru, 1-2 orang kadang memakai 6 blender sekaligus.
          Keuntungan mengendorse penjual jus bagi Phillips antara lain : perusahaan bisa mendapat image bagus sebagai pembuat mesin blender yang awet dan kuat mengolah bermacam jenis buah, sayur, dan es batu. Kedua, Phillips mendapat citra sebagai perusahaan yang peduli kepada rakyat kecil dan berjiwa sosial. Terakhir, merk Phillips akan dipromosikan melalui citra yang berhasil dibentuk, entah melalui getok tular atau promosi tidak langsung.
          Bentuk kerjasama antara penjual jus dan Phillips bisa berupa :  
1.  Phillips boleh memasang poster promosi di gerobak atau warung pembuat jus
      2. Pembuat jus dapat diskon ekstra tiap membeli mesin blender dengan menunjukkan  bukti-bukti pembelian sebelumnya atau ia mendapat gratis servis selama sekian bulan
      3. Phillips berhak menjadikan para pembuat jus sebagai bintang kampanye CSR dan iklan komersial.
      4. Phillips dapat potongan pajak karena mengadakan CSR yang memberdayakan masyarakat.


       Image bagus Phillips yang didapat dengan mengendorse penjual jus bisa saja meningkatkan penjualan perusahaan, yang berarti menambah pundi-pundi keuntungan Phillips.

0 komentar: