Selasa, 04 Februari 2014

Cara Investasi Teratur Tiap Bulan (Dollar Cost Averaging)

image courtesy of jpmorganam.com.hk
Ingin berinvestasi teratur tiap bulan tapi takut terlupa dan malah membelanjakan semua penghasilan? Dollar Cost Averaging atau investasi berkala tiap bulan jawabannya.
DCA bisa dilakukan lewat bank atau sekuritas. Mudah dan efisien bila investor sudah punya internet banking. Versi otomatisnya baru bisa diaplikasikan pada reksadana.
DCA paling mudah dilakukan bila investor berniat berinvestasi di bank yang juga menjual reksadana incaran, misal di Commonwealth, HSBC, atau Mandiri. Investor tinggal mendatangi customer service, meminta formulir DCA, mengisi dan memilih jangka waktu investasi, tanda tangan, selesai.
Atau melalui internet banking, tinggal klik reksadana incaran , pilih nilai dan jangka waktu investasi, konfirmasi, selesai. Setiap bulan dana akan berpindah dari rekening tabungan ke rekening investasi sejumlah nilai yang diisi dalam formulir atau diketikkan di aplikasi reksadana online.
Jika rekening investasi berada di sekuritas, investor harus punya fasilitas internet banking untuk mendebet otomatis nilai investasi tiap bulan ke rekening investasi, DAN mengisi sejumlah formulir pembelian di sekuritas terkait.
Keuntungan DCA adalah investor bisa terus berinvestasi tiap bulan tanpa terlupa dan tanpa dibebani ketakutan fluktuasi harga unit reksadana. Kerugiannya: bila hampir jatuh tempo dan investor lupa memperpanjang jangka waktu investasi, tidak semua customer service berbaik hati mengingatkan. Tahu-tahu pendebetan otomatis berhenti dan investor terlanjur menghabiskan semua gaji untuk belanja :D

0 komentar: