Senin, 17 Februari 2014

Hunger Games, Catching Fire & Mockingjay by Suzanne Collins

Saya akui saya telat membaca trilogi Hunger Games karya Suzanne Collins. Bukan karena lebih suka menunggu filmnya, tapi karena terlalu banyak unsur melodrama dan emosi. I’m not good at handling emotion.
Tokoh utama trilogi ini adalah Katniss Everdeen, pemanah ulung di negeri khayalan Panem di Distrik 12 yang mengikuti pertarungan ala gladiator untuk menggantikan adiknya. Di awal cerita, Katniss digambarkan sebagai gadis kuat dan mandiri tempat keluarga dan teman-temannya bersandar. Semakin lama ia bertransformasi menjadi lebih kuat lagi dan lebih emosional (sebetulnya kata neurotik lebih cocok) karena sejumlah pertarungan hidup-mati yang dilaluinya.

Saat membaca Trilogi Hunger Games pembaca diajak menikmati naik turunnya emosi Katniss saat menghadapi ancaman dan peristiwa di hidupnya. Kemarahan, kesedihan, kebingungan, kelicikan, kelemahan, prasangka dan harapan diaduk jadi satu. Kadang pembaca diajak mencintai dan mengasihani Katniss, detik berikutnya dibuat sebal dan marah karena kelakuannya.
Kekuatan utama Suzanne Collins meramu Trilogi Hunger Games adalah karakterisasinya. Hampir semua tokoh (termasuk pemeran pembantu dan figuran) punya karakter yang tersirat dalam dialog dan tersurat dalam diskripsi, tidak mengawang-awang seperti sebagian karakter dalam Harry Potter. Transformasi dan konflik internal tiap tokoh terbangun mulus.
Alur kisahnya agak lambat dan dipercepat saat masuk bagian laga atau peperangan. Diperlukan daya tahan untuk tidak mengantuk atau tergoda melompat ke bagian akhir saat membaca bagian-bagian awal ketiga buku ini.
Nilai atau pesan yang ingin penulis sampaikan, jujur saja, saya sendiri kurang yakin pesan apa yang hendak disampaikan Suzanne Collins sampai saya menonton versi filmnya dan punya gambaran lebih jelas tentang Trilogi Hunger Games.

Secara keseluruhan, Trilogi Hunger Games saya nilai 7 (dari 10). Good books, less humor, too emotional, less witty,not addictive but great character development.

0 komentar: