Selasa, 11 Februari 2014

Kemasan Sachet : Ketika kemasan Thailand lebih baik dari kemasan Lokal

Dalam bidang kualitas industri pengemasan, Thailand bisa dikatakan lebih unggul dibanding Indonesia. Keunggulan ini bisa dilihat pada kualitas produk-produk yang diimpor dari Thailand. Contohnya kemasan sachet dari P&G (Pantene, Head and Shoulders).
Kalau dibandingkan dengan kemasan sachet produk-produk Unilever yang proses produksi dan pengepakannya dilakukan seluruhnya di Indonesia, sachet P&G lebih mudah disobek dan tidak mudah bocor. Kombinasi yang menguntungkan konsumen. Saat pelanggan mencoba menyobek untaian sachet, sangat jarang dijumpai ada sachet Pantene yang sobekannya meleset sehingga isi sampo tumpah. Padahal proses menyobeknya sangat mudah dan tidak butuh usaha ekstra.
Sedangkan untuk melepaskan satu buah sachet Clear/Dove butuh usaha ekstra. Itupun sering meleset sehingga isinya tumpah dan tercecer. Kalau mau dipakai, butuh bantuan gunting atau pisau untuk membuka kemasan sachet sampo-sampo diatas.
Apa kualitas packaging perusahaan Thailand memang lebih bagus daripada packaging Indonesia? Kalau diperhatikan baik-baik, sebetulnya kualitas plastik sachet Unilever dan P&G sama. Yang membedakan adalah kontur gerigi untuk menyobek dari untaian sachet dan untuk membuka sachet. Gerigi pada Pantene (dan produk P&G lainnya) sedikit lebih besar dan ada gerigi tambahan yang lebih tipis di tepian gerigi utama. Mungkin faktor gerigi inilah yang membuat sachet Pantene lebih mudah dipakai daripada sachet Clear.
Lalu ada pengepresan ganda. Di bawah gerigi sampo-sampo Unilever ada 2 garis yang menandakan sachet tersebut ditekan panas dua kali untuk menghindari keluarnya cairan. Disadari Unilever atau tidak, pengepresan ini justru membuat konsumen amat kesulitan menyobek kemasan atau memakai sampo. Saat hambatan gerigi yang terlalu kecil teratasi, mereka kembali disibukkan dengan perjuangan melewati garis pres berganda.
Perusahaan produsen sebaiknya tidak meremehkan kualitas kemasan ini. Konsumen kadang tidak mau susah-susah mencari gunting atau pisau untuk membukan kemasan sachet sehingga mereka akan memilih sampo yang sachetnya mudah disobek tapi tetap kuat. Walaupun hasil pemakaian sama, faktor kemudahan pemakaian bisa saja mempengaruhi selera belanja konsumen.


0 komentar: