Langsung ke konten utama

Kane Chronicles: The Throne of Fire by Rick Riordan

Sungguh beruntung saya karena perpustakaan daerah Magelang menyediakan Red Pyramid dan Throne of Fire sekaligus, sehingga saya tidak perlu membeli. Penerbit Mizan Fantasi sudah berbaik hati menyumbangkan kedua buku tersebut sehingga semua anak di Magelang bisa menikmati jalinan cerita anak bermutu.
Throne of Fire merupakan buku kedua dari trilogi The Kane Chronicles. Throne of Fire menceritakan perjalanan kakak beradik Carter dan Sadie Kane yang harus mencari Dewa Matahari Ra agar bisa mengalahkan Ular Kekacauan Apophis. Tapi sebelumnya, mereka harus menggabungkan ketiga bagian Kitab Ra, yang terpisah di Museum Brooklyn (New York), di Hermitage (Istana Musim Semi Tsar, Moskow) dan di Makam Mumi Bahariya (Mesir). Mereka harus mengumpulkan Kitab Ra sekaligus menebak-nebak rencana rahasia Vlad Menshikov, musuh mereka kali ini.

Dalam petualangan Carter dan Sadie di Throne of Fire kali ini mereka ditemani Bes (Dewa Orang Cebol), karena Bast (Dewi Kucing pengasuh mereka) harus memeriksan penjara Apophis.
Dibandingkan dengan Red Pyramid, alur cerita, deskripsi dan pengembangan kareakter dan Throne of Fire lebih cepat, mendetail dan lebih bagus. Lelucon-leluconnya lebih menyatu dengan jalan cerita dan lebih banyak. Pembaca tidak lagi dibingungkan dengan karakter dan sifat tiap tokoh, serta kerumitan hubungan darah dan emosional di antara para tokoh.
Kalau dibandingkan dengan Lost Hero atau Son of Neptune (dari serial Percy Jackson: Blood of Olympus) muncul kesan bahwa Throne of Fire merupakan pijakan pertama pengarang dalam membangun alur cerita dalam serial Blood Of Olympus. Seperti serial Blood Of Olympus, dalam Throne of Fire kita menjumpai perpindahan kebudayaan cepat, pengorbanan nyawa dari teman yang baru ditemui dan munculnya kekuatan baru dari tiap tokoh utamanya saat mereka terpojok.
Jika di Red Pyramid pembaca masih dibingungkan oleh tujuan tindakan tokoh-tokohnya, maka di Throne of Fire tujuan mereka lebih jelas. Pengembangan karakter tokoh dari anak-anak menjadi remaja digambarkan dengan pas. Carter dan Sadie lebih mampu bertanggung jawab, menghargai persahabatan, keluarga, waktu, masa depan, dan mulai tertarik dengan lawan jenis.

Walaupun menarik, tapi Throne of Fire bukan jenis buku yang akan saya baca berulang kali. Sensasi petualangan dan kejutannya memang banyak, tapi relatif mudah ditebak dan tidak membuat penasaran. Cukup 4 dari 5 bintang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagus Serap Air

    Konsekuensi dari tinggal di kamar kos dekat pohon besar adalah kamar yang lembab. Begitu pula dengan kamar saya. Tepat di depan kamar menjulang pohon mangga. Kaum tetumbuhan setiap malam rajin mengeluarkan karbon dioksida dan uap air sepanjang hari. Tidak heran kamar saya menjadi lembab, rentan jamur, baju dan buku terancam lapuk.     Untuk itulah saya memerlukan desiccants alias penyerap lembab yang dapat menyerap uap air dengan kuat. Saya pun mencoba Bagus Serap Air varian 450 ml sekali pakai. Bahan Aktif yang digunakan ialah butiran kalsium klorida (CaCl). Hasilnya? Dalam waktu 30 hari satu wadah penuh terisi cairan air dan garam yang berasal dari kelembaban di kamar saya.

Teh Tarik

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, minuman bernama teh tarik ini bisa dibilang barang baru. Minuman yang berasal dari campuran teh hitam dengan susu ini baru dikenal awal tahun 200an, saat beberapa restoran menawarkan menu-menu ala negeri jiran, terutama Malaysia dan Singapura. Teh tarik biasa disajikan bersama roti bakar dan wafel di restoran-restoran ini.     Teh tarik sering rancu diartikan sebagai teh susu. Walau benar sebagian, ada perbedaan kecil antara teh tarik dan teh susu. Teh tarik adalah teh susu yang dituang bolak-balik di antara dua gelas besar sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Teh susu yang biasa disajikan di booth-booth berbagai merek teh biasanya hanya teh hitam dicampur susu yang dikocok beberapa saat dengan es batu.

The Last Ship

Sebuah virus yang lebih mematikan dari Ebola dan lebih menular dari SARS menyerang penduduk bumi. Belum ada vaksinnya. Penduduk dunia yang tewas karena virus bertambah dengan cepat dari hari ke hari. Harapan terakhir ada di pundak virolog Dr. Rachel Scott dan awak kapal USS Nathan James. Mereka berjuang mencari vaksin virus tersebut agar dapat segera diberikan kepada orang-orang yang terinfeksi. The Last Ship adalah tontonan yang tepat bagi wanita pencandu ketegangan tapi tidak ingin kehilangan hiburan wajah-wajah tampan. Marinir-marini kapal USS Nathan James adalah gambaran ideal pasukan angkatan laut. Taktis, kuat, gesit, lincah, serba bisa, dan lumayan punya rasa humor. Bagi para wanita, inilah salah satu serial yang memanjakan mata.