Minggu, 17 Agustus 2014

The Geography of Bliss by Eric Weiner

image courtesy of www.citacinta.com
Apakah kebahagiaan itu? Dari manakah kebahagiaan berasal? Di manakah letak kebahagiaan? Bagaimana memperoleh dan mempertahankan kebahagiaan? Pertanyaan-pertannyaan itu berkecamuk di benak Eric Weiner, seorang jurnalis radio sekaligus pencandu tas asal New York.
Sejumlah pertanyaan tersebut membawanya ke Belanda menemui Ruut Veenhoven, seorang pakar kebahagiaan. Di sana, Weiner menemukan sejumlah database yang mengarahkannya ke negara-negara yang penduduknya bahagia, seperti Swiss, Bhutan, Qatar, Thailand atau Islandia. Sebagai pembanding, ia juga mengunjungi Inggris yang skor kebahagiaannya sedang-sedang saja, Moldova yang sangat muram, atau India yang bahagia dan tidak bahagia sekaligus. 

Di akhir perjalanan, Weiner berusaha membandingkan jenis-jenis kebahagiaan yang diketahuinya selama perjalanan tersebut dan merekfleksikan definisi kebahagiaan di negara asalnya, Amerika Serikat.
Pada akhirnya, Weiner, seperti juga kita semua manusia, merasakan bahwa tidak ada satu pun resep jitu untuk menjadi bahagia. Kita bisa berbahagia karena bersyukur, karena punya teman dan keluarga menyenangkan, bisa meraih impian, atau menjadi lebih kaya. Kita pun bisa bahagia hanya semata karena kita memilih untuk bahagia, apapun yang kita alami sehari-hari, seburuk apapun hari kita.
Pada akhirnya, kebahagiaan yang berarti banyak hal tersebut terkadang tidak perlu dicari. Kita masing-masing sudah memiliki kebahagiaan di dalam diri kita, hanya butuh impuls (rangsangan) untuk mengekspresikannya. Bisa dengan membantu orang lain, mencintai pekerjaan, atau cukup bersyukur saja karena diberi kesempatan menikmati hidup.

Buku setebal 512 halaman dan seharga 51ribu yang diterbitkan Mizan ini cukup laris, hingga saat ini sudah naik cetak beberapa kali hingga berganti cover. Sangat sesuai dibaca kala resah atau galau, karena mengingatkan kita untuk selalu menjalani hidup dengan bersyukur, melalui cerita-cerita yang tidak menggurui dan lewat perbandingan definisi kebahagiaan antar negara. 4 dari 5 bintang.

0 komentar: