Sabtu, 17 Agustus 2013

Non Mainstream Movie

Juli-Agustus adalah saat tepat bagi distributor dan produser film Hollywood merilis film-film yang dianggap Blockbuster, mampu menarik banyak penonton. Di bulan Juli ada liburan musim panas bagi anak sekolah dan kuliahan, di bulan Agustus ada liburan Idul Fitri kaum Muslim dan libur musim panas bagi karyawan.
Di tahun 2013 ini tercatat ada belasan film dari berbagai genre yang dirilis ke pasar. Dimulai dengan Star Trek, diikuti Now You See Me, Man of Steel (ternyata tidak sebagus Dark Knight  T.T), Pacific Rim, The Conjuring, Wolverine ditambah sederet film animasi dan drama lain.
Kalau punya duit lebih buat nonton di bioskop ya santai saja. Tapi kalau masih mahasiswa atau first jobber yang uang bulanannya betul-betul ngepas buat makan dan bayar kos, tiket 25ribu sekali nonton itu mahalllll. Setara dengan biaya makan penuh gizi 4 sehat 5 sempurna sehari penuh.
Alternatifnya : mengunduh versi bajakannya atau menonton film non-mainstream yang tidak diputar di bioskop. Bajakan film-film Box Office bisa diperoleh di Mall atau pedagang kaki lima terdekat. Kualitasnya pun setara dengan versi bioskopnya. Kalau menunggu agak lama, sebulan-dua bulan bisa pinjam versi BluRay. Sedangkan film non-mainstream ? Memang bagus?
Sah-sah saja lo menonton film non-mainstream. Bahkan kita bisa dapat hiburan lebih bagus dan ilmu baru. Alternatif The Conjuring ada Passion dan House at The End of The Street. Passion condong ke genre Thriller, sedang House cenderung ke Horror. Ada Riddle yang mengajak kita mengurai teka-teki atau Europa Report bagi yang suka sejarah drama. And the list goes on and on.
Dibanding film blockbuster yang menghibur, film-film non-mainstream alternatif ini mengajak kita berpikir dan mencoba memahami suatu masalah dari sudut pandang lain. Dari sudut cerita, mereka jelas lebih unggul dibanding film blockbuster (kecuali The Conjuring dan Pacific Rim). Akting para aktor dan aktrisnya jelas lebih bagus (Noomi Rapace >>>>Amy Adams).
Kekurangannya di bagian promosi dan distribusi. Film-film ini mungkin akan muncul di Blitz atau 21 entah beberapa bulan sesudah rilis. Tapi ceritanya sudah terasa hambar dan momentumnya lewat.
Untuk memperoleh film-film non-mainstream dan non-blockbuster ini kita memang harus bergantung pada pedagang DVD bajakan, rental film, torrent, atau situs-situs penyedia film bajakan. Beberapa persewaan menyediakan versi DVD originalnya (yang akan sangat mahal sekali kalo membelinya) untuk dipinjam.

0 komentar: