Minggu, 18 Agustus 2013

Occam's Razor

           Occam’s Razor adalah istilah yang dipopulerkan Sir William of Occam, seorang filsuf Inggris abad ke-14. Bunyi Postulat Occam’s Razor adalah : the simpler the explanation, the more likely it is to be correct (Semakin sederhana penjelasannya, semakin besar kemungkinan betulnya). Dalam bahasa sains: segala sesuatu pasti ada penjelasan logisnya.
            Hampir semua cerita detektif dan penemuan sains dibangun di atas prinsip ini. Kalau kita membaca karya-karya Agatha Christie, Maurice LeBlanc atau John Grisham, tokoh-tokoh detektif/polisi/pengacaranya selalu mengemukakan solusi pemecahan yang paling sederhana, logis dan bisa dibuktikan saat menghadapi suatu masalah. Motifnya pun tidak jauh dari harta, cinta atau kekuasaan. Tinggal kelihaian pengarang meramu alur cerita dan mengalihkan perhatian.
            Yang paling saya ingat adalah novel “Hotel Bertram” karya Agatha Christie. Seorang penjaga pintu tewas ditembak dan di dekatnya ada gadis remaja memegang pistol. Lokasinya di jalanan sepi yang terbuka dan malam berkabut. Tanpa memperhatikan alibi dan ocehan remaja tersebut semua orang akan langsung berpikir dialah pembunuhnya. Christie dengan cermat membelokkan perhatian pembaca dengan segala dialog, alibi, intrik keluarga dan munculnya tokoh-tokoh tambahan. Pembaca cenderung hanyut pada alur cerita,bukan pelaku pembunuhan.  
            Manga - manga detektif karya Aoyama Gosho (Conan, Kid) juga memakai Occam’s Razor sebagai premisnya. Misalnya Kid yang seolah berjalan di langit (padahal bergelantungan di tali helikopter) atau pembunuhan di langit-langit gudang (mengambang dengan bantuan air,dan airnya dikeluarkan dengan sedikit lubang).

0 komentar: