Minggu, 07 Juli 2013

Menjaga Kesehatan Kulit dan Tubuh kala Puasa

images by David Lebovitz
Besok,entah tanggal 9 atau 10 Juli,kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan penuh berkah. Di bulan ini kita kaum muslim di Indonesia diwajibkan berpuasa 14 jam lebih sedikit.
Berpuasa saat musim dingin di bulan Juli-Agustus ada tantangan tersendiri. Kalau di musim hujan kita dihadapkan pada udara panas-lembab (sumuk) yang membuat kita mengeluarkan keringat berlebih atau kombinasi perubahan kelembaban (pagi hujan lembab,siang angin kering) di musim pancaroba, maka kita akan dihadapkan pada kondisi dingin-kering di pertengahan tahun ini. Orang Jawa bilang musim mbedhidhing.
Cuaca ini menguras kelembaban dari tubuh tanpa kita sadari. Tanda-tandanya : lapisan kulit telapak kaki dan bibir mengering dan mengelupas, kulit tangan dan kaki mengering dan bersisik, serta seringnya kita bersin-bersin karena debu yang beterbangan.

Untuk mengatasi kulit bibir yang mengelupas, saya sering memakai madu atau bagian lipgloss dari liquid lip colour Sariayu. Bling-blingnya memang agak mengganggu, tapi kalau dipakai pagi atau siang hari sama sekali tidak terlihat. Cukup dioleskan 2 kali sehari, pagi dan siang.
Guna mengatasi kulit yang pecah dan bersisik, saya rajin memakai NaturE Daily Nourishing Lotion. Dibanding produk Vaseline dari Unilever, NaturE sanggup menahan kelembaban tubuh lebih lama. Saya memilih mandi dengan lulur dibanding sabun karena lulur mampu memberi tambahan kelembaban bagi kulit, sementara sabun malah membuat kulit kering dan kesat.
Ketika berbuka puasa, saya pilih berbuka dengan ½ gelas (150ml) cairan bergula (jus buah, sirop, kuah kolak) dan 1 gelas besar (400ml) air putih. Tujuannya memberi tenaga tubuh dan membersihkan racun. Cemilannya dipilih semangkok buah, separuh buah naga atau 2 buah pisang. Saya tidak suka manis, makanya ga doyan kurma atau kolak. Makanan berat seperti nasi,singkong, ubi, atau jagung baru disantap sesudah tarawih biar tidak mengantuk di Masjid.
Makan besar betulan selalu dilakukan saat sahur. Sahur adalah pengganti sarapan, dibutuhkan banyak energi untuk beraktivitas seharian dan energi itu bisa didapat hanya dari sarapan. Sahur dibuka dengan segelas susu, dilanjutkan dengan nasi,lauk,sayur, lalu keripik kentang (atau cemilan asin lainnya) dan ditutup dengan 2 gelas besar air putih. Kenapa cemilan asin? Karena garam sanggup menahan air lebih lama di dalam tubuh dan saya butuh banyak cairan di pagi hari.
Dengan beberapa cara di atas saya bisa menjaga kebugaran tubuh, kesehatan kulit, dan kinerja. Bagaimana dengan teman-teman? Ada tips-tips tertentu untuk menyambut puasa?


0 komentar: