Rabu, 01 Januari 2014

At The Wheel vs Aiman Dan..

Ada 2 acara bincang-bincang atau interview santai yang rutin saya ikuti, pertama At The Wheel di BloombergTV Indonesia yang dipandu Tommy Tjokro. Kedua Aiman dan...yang dipandu Aiman Wicaksono di KompasTV. Ada feel yang sama ketika menonton keduanya.

Pertanyaan kedua acara tersebut sama-sama fokus pada beberapa isu atau tema. Misal saat mewawancarai Jerry Aurum, Tommy akan fokus pada passionnya, proses jatuh bangun perjuangannnya, mimpi, ekspansi dan keluarga. Aiman hanya fokus pada tindakan seseorang, alasan/logika di balik tindakan tersebut, dan visi subyek pada beberapa isu yang berkaitan langsung dengannya.
Suasana saat wawancara terasa santai, nonformal tapi tetap serius. At The Wheel dibawakan di dalam taksi Silver Bird. Intonasi dan nada suara dipilih sesantai mungkin, kadang diselipkan lelucon di antara percakapan. Aiman memilih mengikuti subyek yang diwawancara sepanjang hari dan menginterviewnya di sela-sela kesibukan subyek. Aiman tidak hanya mewawancarai subyek,tapi juga orang-orang di sekitar mereka untuk mendapat gambaran lebih luas.
Baik Aiman maupun Tommy cukup cerdas mengarahkan alur pembicaraan. Kalau ada isi wawancara yang agak melenceng, mereka dengan segera mengarahkan kembali. Mereka juga sengaja tidak terlalu fokus pada pendapat subyek tentang dirinya sendiri, dan memilih untuk fokus pada pendapatnya tentang satu atau beberapa isu yang sedang hangat.
Perbedaan yang paling kentara tentu saja pada lokasi wawancara. At The Wheel berlokasi di dalam taksi. Aiman di kediaman dan tempat kerja subyek. Tommy memusatkan diri pada tema bisnis dan kewirausahaan. Aiman fokus pada isu politik dan sosial. Tommy lebih suka mengajukan pertanyaan langsung ke tema yang dituju. Aiman lebih banyak mengajukan pertanyaan tidak langsung yang berkaitan dengan suatu isu.


0 komentar: