Rabu, 01 Januari 2014

The Demigod Diaries

Rick Riordan akhirnya merilis satu kumpulan cerpen yang berisi ringkasan kehidupan beberapa demigod (persilangan manusia dengan dewa) dari seri Percy Jackson and The Olympians (mencakup Luke Castellan, Percy Jackson, Annabeth Chase dan Alabaster Torrington) dan The Heroes of Olympus (antara lain: Jason Grace, Piper McLean dan Leo Valdez).

Demigod Diaries berisi 4 cerita pendek dengan tokoh utama yang berbeda-beda. Cerita pertama tentang Luke Castellan. Berlatar belakang 5 tahun sebelum kejadian di Lightning Thief. Saat ia masih berpacaran dengan Thalia Grace dan Annabeth masih 7 tahun.
Cerita kedua mengambil setting New York sebulan sesudah The Last Olympian, tepat sebulan sesudah Annabeth dan Percy resmi jadi pasangan dan 3 bulan sebelum Lost Hero dimulai. Saat mereka sedang mabuk kepayang tapi masih harus menunaikan tugas menjinakkan monster.
Cerita ketiga berlatar belakang Perkemahan Blasteran, waktunya antara Lost Hero dan Son of Neptune, ketika Leo sedang dalama proses membangun pesawat Argo II dan mengalami kendala serius sehingga harus minta bantuan Jason Grace dan Piper McLean.
Kisah keempat tentang pelarian Alabaster Torrington dari kakak monsternya, Lamia. Alabaster adalah demigod yang memihak Kronos, tapi enggan kembali ke Perkemahan Blasteran walau Percy sudah membangun pondok untuknya. Cerita keempat ini ditulis oleh Haley Riordan, anak Rick Riordan.
Dibandingkan dengan seri The Olympians atau Lost Hero, Demigod Diaries ini lebih segar dan lucu. Kita bisa tertawa terbahak-bahak membaca tingkah laku Percy dan Luke yang konyol dan kekanakan. Kita juga tidak terlalu diributkan dengan politik atau pertengkaran antar dewa. Tugas-tugas menantang bahaya walau menakutkan tapi ditulis dengan tambahan humor.
Di buku ini kita seolah menyaksikan bahwa Luke dan Jason yang tampaknya sempurna dan dingin ternyata bisa ketakutan, tampak jelek, bahkan memerah saat dikecup kekasihnya. Hal yang sangat jarang ditemui di The Olympians (Luke dan Thalia justru bertengkar sampai duel) dan The Lost Hero (Jason terlalu sibuk dengan ingatan dan misinya, Piper terlalu cemburu dengan Reyna). Percy dan Annabeth digambarkan akur dan mesra. Mereka bisa berkencan di sela-sela kesibukan Annabeth membangun kota dan Percy bersekolah biasa.
Bagi yang menginginkan bacaan santai, lucu dan menyegarkan, Demigod Diaries layak dikoleksi. Cerpen-cerpennya membuat kita tidak terlalu penasaran untuk mengikuti kisahnya (tidak membuat kecanduan seperti The Olympians atau Lost Hero) dan enak dibaca berulang kali. Kertas kekuningannya memudahkan kita membaca. Very recommended.

The Demigod Diaries bisa didapatkan di toko-toko buku terdekat dengan harga IDR 44-60ribu. Lets get Laugh.

0 komentar: