Jumat, 03 Januari 2014

The Man From Archangel And Other Tales Of Adventure : Tentang Lelaki, Harapan Dan Petualangan

   Penerbit BukunĂ© akhirnya merilis kumpulan cerita pendek karya Sir Arthur Conan Doyle di 2012. The Man From Archangel (disingkat Archangel ) memuat 15 kisah karya Sir Arthur yang semuanya bisa didapat di Project Gutenberg dalam versi aslinya.
Sebagian besar cerpen bercerita tentang sepotong kejadian dalam keseharian seorang dokter, pengacara dan kalangan akademis (penemu, periset). Sebagian besar cerita bertutur tentang peristiwa-peristiwa di keseharian seorang dokter.

Alur cerita cerpen dalam Archangel bergulir lambat. Detail latar belakang lokasi, waktu dan penampilan tokoh-tokohnya dideskripsikan sampai sedetil-detilnya, hingga ke noda terkecil. Konflik batin seseorang diceritakan lambat dan detail. Dialog berlangsung panjang dan lama. Kebanyakan tokoh utama dalam cerpen punya hidup dan pekerjaan sempurna sampai datang peristiwa tak biasa dan tak terduaga dalam hidup mereka.
Dibanding cerpen-cerpen sejenis karya Enid Blyton dan Agatha Christie, karya Sir Arthur lebih detail dan lambat. Hanya dua cerita yang alurnya dipercepat di pertengahan. Archangel mengendalikan imajinasi pembaca, sedangkan karya Blyton dan Christie menyerahkan imajinasi ke pembacanya.
Bagi penikmat sastra yang terbiasa dengan petualangan dan misteri ala Sherlock Holmes (yang juga ditulis Sir Arthur) buku ini layak dibaca sebagai selingan. Kita bisa tahu kemampuan Sir Arthur menulis cerita yang genre dan gayanya betul-betul berbeda dari Sherlock.
Alur cerpen dalam Archangel yang lambat dan dialog yang panjang bisa membuat pembaca bosan dan mengantuk. Tidak disarankan bagi penyuka alur cepat ala Sidney Sheldon.
Keunggulan utama buku ini adalah pembaca bisa tahu dinamika masyarakat Inggris post-Victorian. Seperti pandangan bahwa wanita tidak boleh menjadi dokter, janda tidak pantas menjadi istri, perebutan hak paten antara beberapa ahli mesin, nilai kehormatan yang terlalu, dan lain-lain.

Lima belas cerita dalam 335 halaman dengan kertas cetak kekuningan yang nyaman di mata still a good deal. Kita tidak perlu mengunduh karya-karya Sir Arthur satu per satu. Sudah diterjemahkan pula. Bisa didapat di toko buku terdekat seharga 50an ribu. 

0 komentar: