Jumat, 24 Januari 2014

Memulai Investasi : Reksadana (1)

image courtesy of kontan.co.id
        Reksadana adalah alat investasi termurah dan termudah bagi investor pemula. Bisa didapat mulai 100ribuan dengan biaya 0-3% saja. Tanpa biaya bulanan
Mau investasi seaman deposito bebas pajak? Ada reksadana pasar uang. Investasi aman dengan risiko minim? Reksadana pendapatan tetap jawabannya. Investasi berisiko sedang dengan keuntungan lumayan? Pakai reksadana campuran. Investasi berisiko tinggi dengan keuntungan besar mulai 100ribu saja? Reksadana saham solusinya.

Bagaimana membeli reksadana-reksadana itu? Ada 2 pilihan, lewat sekuritas atau bank. Kalau lewat sekuritas, calon investor cukup menyediakan materai selembar, fotokopi ktp & halaman pertama buku tabungan, serta mengisi formulir untuk membuka akun investasi reksadana. Keuntungannya: biaya pembelian kecil (hanya 0.5-1% saja) dan nilai pembelian lebih murah, mulai 100ribuan. Kelemahannya: waktu pembuatan agak lama (bisa mencapai seminggu) dan pilihannya terbatas ke reksadana yang dikeluarkan Manajer Investasi sekuritas tersebut.
Jika melalui bank, calon investor bisa membeli lewat customer service (kalau sudah jadi nasabah bank penjual reksadana) atau membeli lewat internet banking. Membeli lewat bank swasta lebih dianjurkan karena pilihannya lebih banyak (bisa lebih dari 30 reksadana dari 10 manajer investasi yang berbeda), nilai minimal pembelian lebih rendah dibanding bank pemerintah (swasta: mulai 200ribu, BUMN: mulai 500ribu) dengan biaya pembelian mulai 0.75% saja (di bank pemerintah mulai 1.5%). Keuntungan membeli lewat bank: praktis (tinggal klik) dan pilihannya banyak. Kelemahannya: biaya pembelian lebih mahal dibanding sekuritas.

Seberapa besar sih biaya pembelian reksadana? Cuma ribuan rupiah saja. Dengan biaya 1% dan nilai pembelian 200ribu, calon investor cuma mengeluarkan biaya pembelian 2ribu rupiah saja. Jauh lebih murah dibanding secangkir kopi atau segelas jus buah. Bila calon investor berminat berinvestasi di atas nilai tertentu, misal di atas 50juta, biayanya bisa lebih rendah lagi, kurang dari 1%.

0 komentar: