Rabu, 08 Januari 2014

The Demigod Files

Selain Demigod Diaries, ada satu lagi buku jeda yang memuat cerita pendek petualangan beberapa demigod, yaitu The Demigod Files. Dibanding Demigod Diaries, cerpen di dalam Files lebih sedikit, hanya 3 cerpen. Rick Riordan menambahkan wawancara dengan beberapa tokoh utama dan rapor kegiatan Percy di Files.
Ada 3 cerpen dalam Files, yaitu The Stolen Chariot (petualangan Percy dan Clarisse), The Bronze Dragon (Beckendorf dan Percy), dan The Sword of Hades (Thalia, Percy dan Nico). Latar belakang waktu dari ketiga cerita tersebut berbeda-beda. Bronze Dragon mengambil waktu di akhir buku keempat (Labyrinth). Chariot dan Sword antara buku keempat dan buku kelima (Last Olympian).

Wawancara di Files mencakup interview dengan Percy Jackson, Annabeth Chase, Grover Underwood, Clarisse LaRue, Connor dan Travis Stoll. Di bagian akhir buku ada panduan dewa-dewi Yunani, info senjata andalan 4 tokoh utama, tebak kata dan teka-teki silang.
Berbeda dengan Demigod Diaries yang ceritanya lepas dari seri The Olympians maupun The Lost Hero, Demigod Files “wajib” dibaca sebelum memasuki kisah buku ke 9 (Griya Hades atau House of Hades). Salah satu antagonis di Sword of Hades berperan penting dalam cerita Griya Hades. Files bisa dibaca sambil menunggu Griya Hades diterjemahkan.
Pertama kali membaca Files (versi asli, terjemahannya belum terbit) saya sudah terkapar tertawa sampai mulas. Kumpulan cerpen ini lucu dan kocak sekali. Sungguh selingan yang menghibur. Files lebih santai dan menghibur daripada Diaries. Ceritanya perpaduan antar petualangan dan humor. Wawancaranya pun kocak.
Pembaca dapat pengenalan singkat tentang kisah-kisah cinta yang muncul di The  Olympians dan House of Hades. Misal tentang Annabeth yang tidak bisa berhenti bicara tentang Percy, pandangan Percy yang datar sekali soal teman-teman perkemahan yang menjodohkan mereka, bahwa Clarisse dan Beckendorf ternyata berteman baik juga dengan Percy (walau kelihatannya mereka berduel dan bersaing di perkemahan), dan asal-usul pasangan pertama di perkemahan (Silena Beauregard dan Beckendorf, sebelum disusul Clarisse dan Chris). 
Dari rapor Percy, pembaca bisa tahu kalau Dionysus dan Chiron ternyata punya selera humor juga. Dari semua cerpen dan wawancara, bagian rapor inilah yang paling kocak dan menguras tawa.

Demigod Files sangat dianjurkan bagi pencari humor atau sebagai puluntur stres. Pembaca bisa tetap tertawa sampai mulas walau belum membaca seri The Olympians atau Lost Hero. Bisa didapat di Periplus  dengan harga 60 ribu saja kalau sedang diskon dari harga normal 80ribu. 

0 komentar: