Selasa, 18 Maret 2014

SUITS : TV Series


            Ingin tahu bagaimana rasanya berkarir di dunia hukum sebagai pengacara? Penasaran dengan profesi corporate lawyer? Buta tantangan di bidang hukum tapi ingin tahu lebih banyak? Suits punya jawabannya.
            Suits adalah salah satu drama tv series Amerika yang berkisah tentang keseharian sejumlah corporate lawyer dan paralegal di kantor pengacara PearsonHardman. Firma hukum ini hanya menerima lulusan Harvard Law School, satu hal yang membuatnya disegani.

            Harvey Specter, salah satu corporate lawyer, yang bekerja disitu tersohor dengan kemampuannya memufakatkan negosiasi dan masalah dengan cepat, akurat, dan menguntungkan semua pihak. Ia ditemani oleh salah satu asisten (atau associate, dalam bahasa firma hukum) nya, Mike Ross, yang walau cerdas tapi kurang berdarah dingin dan bukan lulusan Harvard Law School.
            Dalam Suits season 1, penonton diperkenalkan dengan proses kerja Harvey dan intrik dasar dalam lingkungan kerja Harvey dan Mike, seperti latar belakang mereka berdua, orang-orang yang dekat dengan mereka (tidak selalu keluarga) dan cara mereka berhadapan dengan masalah.
            Season 2 mengisahkan saat konflik dan masalah mulai melebar ke berbagai divisi dalam PearsonHardman, hingga firma hukum ini merger dengan firma lain membentuk PearsonDarby. Season 3 (sampai tulisan ini dibuat) masih bercerita soal berbagai kasus yang ditangani duo Harvey dan Mike.
            Sepintas, Suits tampak datar. Semuanya bersih dan monokrom, rapi, tanpa cacat sedikitpun. Tapi begitu kita menyimak dialognya, kita akan dikejutkan dengan content khas Newsroom dan konflik ala White Collar. Juicy drama with clever dialogue.
            Suits memotret perspektif lain dalam dunia hukum. Jika John Grisham, CSI dan Criminal Minds memotret sisi hukum pidana, Suits mengambil sudut pandang hukum perdata. Penonton bisa tahu apa saja UU yang berpengaruh dalam sistem hukum perdata USA. Mulai dari perundang-undangan tentang kepailitan, real estate, pinjaman bank, merger dan akuisisi dan seabreg aturan lainnya.
            Penulis skenario Suits juga cerdas meramu dunia corporate lawyer dengan konflik kepentingan dan asmara antar tokoh sehingga penonnton tidak bosan dan pusing dengan padatnya perdebatan dan adu argumentasi.
            Kekurangan Suits, seperti halnya Newsroom dan Criminal Minds, adalah minimnya humor dan candaan. Ada konflik, persahabatan, loyalitas dan ikatan keluarga, tapi kurangnya bumbu humor dan joke segar terkadang membuat serial ini terlalu berat dinikmati dan membuat penonton tergoda untuk switch ke serial lain yang lebih menghibur, seperti Glee atau Big Bang Theory.

0 komentar: