Jumat, 17 September 2010

about blog site

   Saya seorang yang suka mencoba hal-hal baru. Salah satunya adalah membuka bermacam-macam account. Saya punya account Facebook, Twitter, Multiply, WordPress, Yahoo, Google, Kompas dan Detik. Salah satu fasilitas yang didapat dari akun-akun tersebut adalah blogging. Twitter sendiri dapat dikategorikan microblogging. 
    Setiap portal menyediakan fasilitas blogging yang berbeda. WordPress dan Blogspot dari Google sejauh ini masih yang paling bagus. Kedua portal ini menyediakan layanan pengaturan dan desain halaman blog yang lengkap, mudah dan cepat diakses. Juga tidak memerlukan pengetahuan tentang bahasa pemorograman HTML. Kedua situs ini sudah memberikan kodenya sendiri ketika blogger menulis blog. Di kedua situs ini kita bisa menambahkan video, link dan gambar ke tulisan kita. Blogging di WordPress dan Blogspot serasa menulis di MS Word. Cukup dengan klik "terbitkan entri" tulisan kita langsung dipublikasikan ke dunia maya dan dapat dibaca ratusan orang. Keunggulan WordPress dibanding Blogspot yaitu kita bisa mendesain halaman blog kita sesuka hati tanpa perlu bergantung template dari penyedia layanan. Keunggulan Blogspot adalah blog kita dapat diakses oleh mesin pencari Google, cepat diakses karena tidak "memakan" banyak data, dan menyediakan fasilitas update blog via MMS dari handphone dan via email.


        Yang paling lengkap sejauh saya ketahui saat ini adalah layanan multiply. Multiply menyediakan layanan halaman blog yang diintegrasikan dengan jejaring sosial, mirip dengan Facebook, tapi tampilan halamannya bisa didesain dan diatur sesuai dengan keinginan kita. Di halaman utama multiply pengguna tercantum fasilitas video, foto, profil pengguna, blog, review, kalender dan teman yang bisa diakses oleh pengguna multiply lain sebagai guest. Keuntungan lain adalah dengan memiliki jejaring blog di Multiply tulisan bisa tersebar dengan luas dan bisa berinteraksi dengan pengguna lain.
   Fasilitas Blog dari Facebook dan Yahoo terhitung pas-pasan. Cuma disediakan fasilitas untuk menulis dengan format yang lebih mirip WordPad dan kemampuan menandai teman-teman di jejaring ke tulisan kita. Tidak ada fasilitas desain halaman, menambahkan video atau memotong separuh tulisan. Kelebihan sekaligus kekurangannya adalah tulisan kita bisa dilihat dan dikomentari oleh teman yang terhubung dengan jaringan kita, tetapi belum tentu tulisan terpantau oleh mesin pencari Google.
    Kompasiana dan DetikBlog hampir mirip dengan Facebook dan Yahoo. Tidak bisa mendesain halaman blog kita. Kelebihan kedua blog ini adalah kemampuan blogging disatukan dengan akun dari kompas dan detik sehingga anggota kedua megaportal ini dapat melihat dan mengomentari tulisan kita.

0 komentar: