Kamis, 30 September 2010

The Lost Symbol - Dan Brown

    Satu lagi novel thriller dari novelis best seller Dan Brown yang membawa kita ke dunia sejarah, agama, teka-teki, seni dan segala macam ilmu pengetahuan lainnya. Jika setting pada novel The Da Vinci Code adalah Paris, Prancis dan Angels and Demons mengambil lokasi di Roma, Italia maka lokasi cerita The Lost Symbol berada di Washington DC, USA. Tokoh utama The Lost Symbol masih Prof. Robert Langdon, simbolog dari Harvard University. Kali ini tokoh wanitanya adalah Katherine Solomon, seorang pelopor ilmu Noetic yang kakaknya disandera tokoh antagonis Mal'akh.
   Cerita The Lost Symbol berputar soal keberadaaan harta karun kaum Freemason yang dikabarkan berada di bawah tanah kota Washington DC. Pemimpin Mason, Peter Solomon, merupakan salah seorang teman dekat Langdon, begitu pula dengan adiknya, Katherine Solomon. Peter diculik Mal'akh yang menyusup ke perkumpulan Freemason sebagai anggota baru. Pada awal cerita Mal'akh dikisahkan sebagai teman sel putra Peter, Zachary, yang membunuh Zachary dan membuat mayatnya menjadi sedemikian rusak sehingga tak bisa dikenali.Pada akhir cerita terbuka kenyataan bahwa Mal'akh adalah salah seorang anggota keluarga Solomon juga.
   Pencarian harta karun kaum Solomon ini melibatkan lembaga intelijen CIA dan anggota  Mason lainnya karena Mal'akh mengancam akan membeberkan video proses perekrutan anggota Mason dari tiap tingkatan yang melibatkan tokoh-tokoh terkemuka di dunia politik dan ekonomi.
    Pada akhir cerita, diungkapkan bahwa harta karun kaum Mason yang disembunyikan adalah sebuah kata yang disembunyikan di bawah tanah gedung US Capitol. 
    Dibandingkan The Da Vinci Code, cerita The Lost Symbol kurang menegangkan. Mungkin karena sebelumnya sudah banyak beredar bocoran ceritanya di internet.

0 komentar: