Rabu, 22 September 2010

koneksi internet

    Untuk seorang net freak sepertiku, koneksi internet jelas sangat penting. Tidak harus broadband yang kecepatannya mencapai bilangan megabit, tapi cukup yang stabil saja. Kecepatannya sebisa mungkin di atas 5kbps sehingga saya bisa mendengarkan streaming radio kesayangan. Sayangnya koneksi internet di magelang tidak ada yang memenuhi ekspektasi saya.
    Sehari-hari saya menggunakan dua provider untuk berselancar di dunia maya, yaitu 3 dan matrix. Jaringan 3 tidak stabil sehingga kecepatannya sering naik turun. Tapi kalau dirata-rata kecepatan standarnya sekitar 2-10 kbps, bolehlah untuk biaya bulanan IDR 27500. Matrix lebih tidak stabil lagi. Suatu waktu sangat cepat hingga bisa mencapai 20 kbps, tapi lebih sering melambat dan macet dimana kecepatannya tidak pernah lebih dari 3 kbps. Padahal abonemen bulanannya IDR 110000.

   Saya jadi teringat jaringan internet di tempat saudara-saudara saya di Jakarta. Mereka berlangganan internet dengan provider FirstMedia. Mendapat paket internet unlimited dengan kecepatan 1Mbps betulan dan tv kabel dengan 100an channel. Dipakai buat streaming radio, tv, download apapun juga cepat. Betul-betul memuaskan untuk langganan bulanan senilai IDR 135000. Unlucky us, FirstMedia hanya menyediakan jaringan internet di Jakarta dan Surabaya saja. Kota-kota lain masih menyusul entah kapan.
    Sebetulnya saya bisa saja berlangganan internet Speedy dari Telkom. Masalahnya saya tidak punya telepon rumah. Dan biaya bulanannya mencapai IDR 195000. Lebih murah sebetulnya dari MediaNet yang kapabilitasnya agak diragukan tapi abonemen bulanannya IDR 300000. Jadi untuk saat ini saya harus puas dengan Matrix dan 3 dulu :'(

0 komentar: